Diperhatikan Ketika Menjalankan Proyek Konstruksi

Mengeksekusi sebuah proyek konstruksi bangunan tentu bukan hal yang mudah. Apalagi dibarengi dengan kepercayaan yang sudah diberikan kepada klien. Manajer proyek nantinya harus mengatur strategi dalam sebuah pelaksanaan yang digunakan dalam pengerjaan sebuah proyek untuk mencapai sebuah keuntungan yang maksimal tanpa mengurangi kualitas dari sebuah bangunan yang nantinya akan dikerjakan. Dalam mengelola sebuah proyek ada beberapa masalah yang nantinya harus dihadapi.

Diperhatikan Ketika Menjalankan Proyek Konstruksi

  • Sulit menyusun sebuah rencana anggaran yang pas.
  • Sulit untuk melacak progres dari berbagai macam pengerjaan proyek.
  • Sulit melihat perbandingan yang dilakukan antara alokasi dana dengan pengeluaran biaya yang sebenarnya terjadi.
  • Sulitnya melihat laporan dari laba rugi per proyek.
  • Sulit mengetahui tentang keberadaan dan jumlah dari alat-alat dan bahan-bahan yang nantinya akan digunakan di dalam sebuah proyek. Nah berikut ini akan dibahas tentang beberapa cara yang digunakan untuk mengatasi kesulitan di atas.

Perencanaan

Perencanaan sendiri adalah fondasi sebuah proyek. Tanpa adanya sebuah rencana yang matang, pengerjaan tidak akan berjalan dengan lancar dan akan ada banyak masalah yang nantinya akan bisa menghambat sebuah pengerjaan proyek. Beberapa aspek yang perlu direncanakan adalah anggaran, jadwal dan juga pengerjaan, dan pengolahan dari bahan material dan alat-alat proyek.

Setiap proyek tentunya akan membutuhkan sebuah dana dan juga sebuah anggaran. Karena jika dana tidak mencukupi maka proyek yang sedang anda jalankan kemungkinan akan dapat terhambat atau bahkan malah akan jadi mangkrak. Oleh sebab itu, penting untuk merencanakan jumlah anggaran dana yang nantinya cukup untuk membiayai sebuah kebutuhan proyek.

Selain itu anda juga nantinya harus memikirkan beberapa hal-hal yang kemungkinan dapat bisa terjadi yang mempengaruhi jumlah anggaran yang akan dikeluarkan. Contohnya adalah ketika terjadi sebuah perubahan harga bahan-bahan bangunan karena adanya sebuah kenaikan dari nilai tukar rupiah. Hal ini otomatis dapat mengubah anggaran yang nantinya telah direncanakan sebelumnya. Oleh karena itu persiapkan juga anggaran cadangan untuk dapat mengatasi adanya kemungkinan bertambahnya dana yang nantinya akan diperlukan secara tiba-tiba.

Dalam menentukan sebuah anggaran mana yang harus didahulukan memang sering kali membuat banyak orang kemudian bingung. Jika anda kesulitan untuk memilah anggaran yang nantinya harus diutamakan, buatlah sebuah daftar untuk setiap biaya dan urutkan dari pembiayaan yang nantinya paling besar sampai dengan yang paling kecil. Setelah itu kemudian tandai anggaran mana yang menjadi prioritas anda bagi sebuah pelaksanaan proyek. Dari sini anda bisa melihat sebuah anggaran mana yang nantinya akan perlu diperhatikan dan anggaran mana yang nantinya akan dapat dialokasikan oleh ke dana tambahan.

Jadwal Pengerjaan

Jadwal pengerjaan dalam sebuah proyek merupakan sebuah hal yang harus direncanakan dengan baik. Dengan demikian tahapan pekerjaan yang nantinya bisa menjadi jelas dan tentunya proyek tersebut bisa selesai tepat pada waktu yang sudah di jadwalkan.

Dalam menentukan sebuah anggaran mana yang harus didahulukan memang sering kali dapat membuat orang-orang nantinya bingung. Jika anda kesulitan untuk dapat memilah anggaran yang nantinya harus diutamakan, buatlah daftar untuk setiap biaya dan kemudian urutkan dari pembiayaan yang paling besar sampai dengan yang paling kecil.

Setelah itu tandai anggaran mana yang nantinya menjadi prioritas bagi pelaksanaan proyek. Dari sini anda bisa melihat berbagai macam anggaran mana yang nantinya perlu diperhatikan dan anggaran mana yang dapat dialokasikan ke dana tambahannya.

Bahan Material dan Alat Konstruksi Bangunan

Alat dan juga berbagai macam bahan material dalam konstruksi bangunan menjadi sebuah hal yang vital dalam sebuah proyek. Keterlambatan akan datangnya sebuah bahan material dan alat – alat yang nantinya akan dapat diperlukan pastinya dapat menghambat jalannya sebuah proyek.

Karena itu jangan bergantung hanya pada satu vendor saja. Buatlah sebuah daftar vendor yang nantinya bisa menyediakan berbagai macam bahan bahan material dan alat-alat yang diperlukan selama pengerjaan sebuah proyek berlangsung. Pastikan vendor-vendor tersebut nantinya akan dapat menyediakan semuanya dengan tepat waktu.

Kontrol dan Pengawasan

Pada saat pengerjaan, proyek tersebut nantinya akan dapat membutuhkan sebuah kontrol dan pengawasan yang baik, agar prosesnya tidak melenceng dari rencana yang sebelumnya telah dibuat.

Contohnya ketika dalam sebuah pelaksanaan proyek terjadi keterlambatan penyediaan bahan material dan juga bangunan, penyediaan jenis alat yang tidak sesuai, dan pengerjaan yang nantinya harus dilakukan ulang karena memiliki sebuah hasil yang buruk. Jika terjadi seperti ini artinya proyek ini nantinya sudah melenceng dari rencana baik dari segi waktu dan juga segi anggaran.

Susunlah sebuah daftar informasi apa saja yang anda perlu ketahui dan juga berbagai macam hal-hal apa yang perlu anda lakukan untuk nantinya dapat mengontrol sebuah proyek. Mengontrol dengan artian bahwa anda dapat mengendalikan proses pengerjaan proyek ketika semuanya sudah mulai menyimpang dari rencana awal.

Gunakan sebuah aplikasi komputer to-do list mulai dari hal yang sederhana seperti Trello dan Wunderlist. Aplikasi ini nantinya akan dapat membantu anda untuk membuat berbagai macam daftar dan juga berbagai macam tahap-tahap pengerjaan dengan status pengertiannya masing-masing. Selain itu, juga dengan aplikasi ini dapat memungkinkan anda untuk bisa melacak setiap progres dari pekerjaan sehingga nantinya akan memudahkan anda untuk mengetahui sampai dimana kelangsungan dari proyek anda tersebut.

Namun jika anda nantinya menginginkan sebuah sistem aplikasi yang terintegrasi satu dengan yang lain gunakanlah sebuah sistem ERP. Aplikasi ini dapat menampilkan sebuah progres dari sebuah pengerjaan yang dilakukan. Sehingga nantinya anda tidak perlu untuk ke lapangan dan mengetahui sudah sampai dimana pengerjaan proyek.

Pencatatan Keuangan

Dalam melaksanakan sebuah proyek secara keseluruhan, tentunya pencatatan yang dilakukan di setiap transaksi keuangan baik itu pengeluaran ataupun juga sebuah pemasukan harus dilakukan. Karena jika pencatatan keuangan nantinya tidak dilakukan dengan baik, laporan keuangan akan menjadi tidak akurat dan kemungkinan anda juga akan mengalami sebuah kerugian. Dengan pencatatan keuangan yang dilakukan pada setiap transaksi, anda dapat melihat pergerakan keuangan anda nantinya selama proyek tersebut berlangsung.

Di samping itu semua dengan melakukan hal ini anda dapat melihat laporan dari laba rugi yang ada di setiap proyek. Anda juga bisa mengetahui jika pengeluaran nantinya sudah melebihi pendapatan. Sehingga anda bisa mengambil sebuah langkah tertentu untuk dapat mengatasinya.

Gunakan juga sebuah sistem ERP untuk dapat mengelola keuangan dan juga untuk dapat menampilkan beberapa laporan yang nantinya bisa membantu anda untuk melihat tentang sebuah laporan keuangan proyek dengan cara keseluruhan.

Demikian itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan proyekbangunan. Semua persiapan dan point yang sudah dijelaskan di atas sangat penting untuk kelangsungan dan keberhasilan sebuah proyek. Agar nantinya proyek dapat selesai tepat waktu dan sesuai.

This entry was posted in Default and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.