Inilah Perbedaan Jasa Kontraktor dengan Jasa Pemborong

Pasti kalian bingung nih membedakan mana itu Jasa Kontraktor, dan mana Jasa Pemborong. Dalam sebagian besar orang mungkin saja kalian juga termasuk di dalamnya, yang mana jasa Kontraktor ini terlihat sama dengan jasa Pemborong. Padahal jika diteliti lebih lanjut, untuk Jasa Kontraktor dengan pemborong memiliki perbedaan yang nyata. Sebenarnya si yang perlu kalian ketahui dengan adanya beberapa pilihan yang bisa saja kalian ambil untuk bisa mengerjakan adanya proyek rumah tersebut. Yang dimana kalian juga bisa menggunakan penyedia jasa Kontraktor maupun Pemborong bangunan bagi proyek dalam membangun atau merenovasi rumah itu sendiri. 

Perbedaan Jasa Pemborong dengan Jasa Kontraktor

Ruang Lingkup dalam Dunia Jasa Kontraktor 

Jasa dari dunia Kontraktor ini memang jauh lebih sering kita semua dengar dan juga, jauh lebih sering digunakan dalam proyek yang terbilang berskala besar. Sebut saja ini seperti sebuah pembangunan Real Estate ( Hunian ), Mall, Pembangunan Gedung Pencakar Langit dan beberapa gedung raksasa lainnya. Intinya, untuk bonafit lanjutan dari pekerjaan proyek ini harus dibarengi oleh adanya lisensi kerja yang resmi dari Pemerintahan negara Indonesia

Dalam membangun hunian ini, maka Jasa Kontraktor sendiri bisa terbilang sangat amat diandalkan. Terlebih lagi di dalam masa pengerjaan pada sebuah proyek tersebut, sudah pasti untuk jasa dari bisnis Kontraktor ini mampu menawarkan sesuatu yang lebih dari pada di luar dari pengalaman yang mereka miliki. Kelebihan dari bisnis ini memang adanya Lisensi dan Sertifikasi yang Resmi. Selain itu, dalam tahapan pembangunan juga akan memperbincangkan sebuah tujuan dalam RAB dan juga SPK yang mana, langsung saja mengambil dari Survey ke lokasi proyek rumah hunia tersebut. 

Sistem dalam Melakukan Pembayaran di Ruang Lingkup Kontraktor 

-) Sistem Pembayaran Termin : sangat amat umum pada sistemnya yang akan dibagi lagi menjadi 4 tahapan dan bayarnya sesuai dengan adanya Progress dari proyek tersebut. Selain itu, disini kalian juga harus lebih dulu untuk membayar DP dengan besaran angka 20 hingga 30% dari adanya Nilai Kontrak. Dari s128 sabung ayam , kontrak sudah mulai akan dikerjakan dan juga sudah mulai untuk mencapai 50% maka, dilakukan kembali untuk pembayaran di tahap selanjutnya. 

-) Sistem Pembayaran Cost and Free : yang mana sistem ini sendiri dilakukan oleh kontraktor yang akan memulai bertindak sebagai pengelola dari Proyek kontraktor dengan mengambil nilai 10% dari nilai proyek sebagai bentuk upahnya. Sebelum benar-benar proyek ini bisa berjalan dengan baik, maka para kontraktor yang ada di dalamnya harus bisa menyediakan anggaran yang diperlukan sampai dengan menyiapkan jadwal untuk Cash Flow di dalam proyek yang satu ini. Agar nantinya para Customer juga bisa mengetahui tentang Jumlah dari anggaran yang memang harus disiapkan di setiap bulannya. 

Ruang Lingkup dalam Dunia Pemborong 

Selain adanya penyedia dari jasa Kontraktor, rupanya masih ada Jasa Pemborong untuk bisa digunakan dalam sebuah proyek untuk bisa membangun maupun  merenovasi rumah kalian. Yang mana untuk Jasa pemborong ini sendiri sudah terdiri langsung dari beberapa pekerja yang memang sudah memiliki pengalaman di bidang konstruksi bangunan dari tempat tinggal. Perbedaan yang sangat menonjol dibandingkan dari jasa Kontraktor ini adalah pemborong, dimana jasa ini tidak memiliki Izin Usaha resmi dan tidak berbadan hukum. Untuk jasa pemborong sendiri pada umumnya, hanya akan dikelola secara Individu dan juga seringkali tidak memiliki kesepakatan hitam yang ada di atas putih. Artiannya, di dalam perjanjian ini akan dibuat jauh lebih ke dalam pada kesepakatan secara lisan. 

Untuk sistem dari pembayarannya di ruang lingkup bisnis Jasa pemborong, maka akan ada 2 sistem nyata yakni : sistem dari pembayaran biaya per harinya, dan ada juga untuk sistem pembayaran secara borongan atau langsung. Untuk mengetahui rincian yang ada dari perbedaan Jasa Kontraktor dan Jasa Pemborong seperti : 

Perbedaan Jasa Kontraktor Jasa Pemborong 
1Umumnya lebih menggunakan adanya sistem termin ( pembayaran dengan 4 tahapan )Memakai 2 jenis sistem pembayaran : bisa sistem borong bisa juga sistem perhari
2Dilengkapi oleh adanya Sertifikasi dan Lisensi ResmiTidak disertai oleh Surat Izin Usaha dan Tidak berbadan Hukum
3Memiliki Rencana Anggaran Biaya dan Surat Perjanjian Kontrak Kerja yang seringkali disebut dengan singkatan RAB & SPKTidak memiliki kesepakatan pada permainan Hitam diatas Putih
4Biasanya digunakan untuk proyek dengan skala yang jauh lebih besar. Rumah Hunian, Hotel, Rumah Sakit dan beberapa hunian lainnya dengan skala yang besarPemborong lebih sering hanya bermain untuk rumah hunian saja dengan budget yang dimiliki kecil
5Jika memiliki kesalahpahaman saat proyek ini berlangsung, maka Customer bisa saja merujuk pada pemakaian SPKJika adanya Perselisihan, lalu Kecurangan ataupun Penipuan, maka bisa menjadi sulit dalam memperkarakan sebuah permasalahan tersebut ke ranah hukum

A. Legalitas 

Memang benar adanya jika kontraktor selalu miliki Izin resmi di mata Hukum dan Pemerintah Negara Indonesia. Dengan memakai jasa ini, maka segala sesuatu bisa ditangani dan diperkarakan dengan sebaik mungkin. Dan sudah pasti, Profesionalitas disini sangat amat nyata. 

B. Kualitas 

Tenang, dari perusahaan Kontraktor sendiri sudah memakai dukungan tambahan secara Tenaga Ahlinya dari dunia Ilmu Teknik Sipil. Pasti mereka semua tahu akan kaidah-kaidah dari membangun rumah ini dengan sebaik mungkin. Dengan begini, pemilik nantinya mampu bukan untuk membangun sebuah banguann dengan kualitas terbaiknya. 

C. Skala

Bermain dalam skala yang jauh lebih besar untuk bisnis Kontraktor. Dengan begini, keuntungan yang diambil juga besar. Mengenai pemborong juga akan besar si, hanya saja melihat itu semua kembali lagi dari seberapa besar Hunian yang akan dibangun nantinya. 

Mungkin itu saja yang benar-benar bisa kami beritahukan ke kalian. Jadi mulai saat ini, kalian jangan sampai salah ya dalam mengartikan apa itu Jasa Kontraktor dan apa itu Jasa Pemborong. Jika sekelas pembetulan rumah si kalian bisa memakai jasa Pemborong, agar nantinya nilai terhadap pembayaran biaya-biaya yang digunakan juga pas dengan keperluan pengeluaran kalian masing-masing. Dan untuk kalian yang ingin membangun dengan konsep dari gedung besar, maka disini kalian bisa memulai langsung untuk melihat beberapa PT. terbaik dan terbesar dari dunia konstruksi di beberapa artikel sebelumnya, mari Previous artikel yang ada di website kami ini.

This entry was posted in Perusahaan Kontraktor and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.