Keunggulan Perusahaan China Dalam Mengembangkan Konstruksi

Bangunan rancangan Perusahaan China

Negara China terkenal sebagai salah satu dari negara dengan wilayah yang sangat besar. Selain wilayah negaranya yang besar, negara tirai bambu ini juga terkenal akan penduduknya yang tersebar hingga ke seluruh dunia. Selain dari faktor migrasi yang banyak terjadi, banyak masyarakat China yang juga berdiam di negara lain untuk berbagai keperluan. Dimulai dari aktivitas paling sederhana seperti studi ke negara lain, hingga menjalin kerjasama atau mengembangkan usaha ke negara lain. Di masa kini hampir sulit untuk menemukan kasus dimana tidak terdapat warga keturunan China yang hidup di suatu tempat di seluruh penjuru bumi ini. Kemungkinan itu hampir tidak mungkin terjadi, atau jika terjadi pun hanya akan terdapat pada di beberapa daerah kecil saja dengan kondisi tertentu. Hal yang sama juga terjadi dalam bentuk konstruksi pembangunan, dimana tercatat banyak yang dikuasai oleh perusahaan asal China. Hal apakah yang begitu menarik dari negara China sehingga dapat begitu terkenal menguasai banyak hal di seluruh dunia?

Dalam perhitungan skala keberhasilan perusahaan besar di dunia, perusahaan dari China banyak yang telah terbukti berhasil meraih revenue atau pendapatan dalam nominal tinggi. Bahkan tak tanggung-tanggung, hasil dari revenue atau pendapatan, yang berhasil diperoleh perusahaan-perusahaan konstruksi dari negeri tirai bambu ini menempati 7 posisi sekaligus dalam 10 peringkat kontraktor terbesar dunia. China berhasil menguasai panggung global dalam sektor konstruksi. Bahkan mengutip dari berita yang disampaikan pada laporan keuangan 2017 di Global Construction, peringkat satu hingga kelima seluruhnya ditempati oleh kontraktor asal China. Bahkan lebih hebatnya, beberapa perusahaan kontraktor tersebut baru berusia 11 tahun saat berhasil menempati 10 peringkat tertinggi sedunia. Berikut hal yang dapat dipelajari dari kualitas kontraktor China dalam rincian 10 besar kontraktor terbaik sedunia.

Aneka hal yang bisa dipelajari dari negara China:

1. China State Construction Engineering Corporation Ltd.

Perusahaan ini berhasil mencetak pendapatan hingga 160 miliar dollar AS. Padahal usia munculnya perusahaan kontraktor di dunia ini dapat disebut masih cukup muda dan belum memiliki banyak pengalaman. Dimulai dari tahun 2007, saat ini perusahaan raksasa ini telah produktif dengan jumlah karyawan sebanyak 255.880 orang. CSCEC yang berpusat di Beijing ini dipimpin oleh Qing Guan. Bisnis inti CSCEC mengerjakan  aneka macam konstruksi bangunan, konstruksi dan investasi seputar infrastruktur, pengembangan properti, energi, survei akan jenis terkait, desain perancangan serta utilitas kota. Beberapa proyek besar yang telah dikerjakannya antara lain bangunan Shuin Hing Square yang berada di Shenzen, Masjid Agung di Aljazair, dan renovasi Alexander Hamilton Bridge di New York.

2. China Railway Group Ltd.

Kontraktor ini mencatat pembukuan pendapatannya yang mencapai 102.32 miliar dollar AS. Perusahaan asal China satu ini selain mengerjakan sektor konstruksi,  juga bergerak di bidang pembangunan infrastruktur, survei, desain, konsultasi, peralatan manufaktur, hingga ke pengembangan properti. Serupa dengan perusahaan CSCEC, China Railway Group juga didirikan di tahun 2007 dan hingga saat ini telah mempekerjakan 282.090 jumlah orang. Lokasi kantor pusatnya berada di Beijing dibawah pimpinan Li Changjin. Tercatat perusahaan ini berhasil mencetak rekor membuat beberapa proyek monumental yang dikerjakan, diluar dari wilayah pusat China itu sendiri. Beberapa pembangunan itu di antara lain seperti jalan Fez-Oujda di Maroko, dan Jembatan Teluk Hangzhou di pantai timur China.

3. China Railway Construction Corporation Ltd.

Selama 2017 lalu, perusahaan ini telah berhasil mencetak keuntungan hingga 99,41 miliar dollar AS. Memiliki kantor pusat di Beijing, China Railway Construction Corporation membangun jalur kereta api, jalan raya, jalur perkotaan, pemeliharaan air, pembangkit listrik tenaga air, bangunan, jembatan, terowongan, dan pelabuhan laut. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2007 dan dibawah pimpinan Meng Fengchao yang hingga saat ini mempekerjakan 258.460 orang. Tak hanya berkambang dan terkenal di China, perusahaan ini juga menunjukkan dirinya kepada publik mancanegara dalam proyek-proyek strategis yang dikerjakan di berbagai belahan dunia. Seperti beberapa contohnya pengembangan sistem Kereta Api di Nigeria yang terdapat di Afrika Barat, dan Proyek rekonstruksi bagi kereta api di Istanbul, salah satu kota besar dari Turki.

4. China Communications Construction Co Ltd.

Pendapatan perusahaan ini terbarunya dapat mencapai nilai 66,88 miliar dollar AS. Berbeda dari tiga kompetitor yang juga berasal dari China di atas, perusahaan ini dibentuk sejak setahun lebih tua. Memakai lokasi basis aktivitas di Beijing, China Communications Construction saat ini dipimpin oleh Xiang Liu dengan memiliki jumlah karyawan hingga berjumlah 118.770 orang. Perusahaan ini menangani lima bidang konstruksi besar yang meliputi desain infrastruktur, teknik pengerukan, manufaktur peralatan, pengembangan properti, serta pembiayaan akan bisnis investasi. Perusahaan ini telah berkembang hingga memiliki anak perusahaan yang beraktivitas di Sri Lanka, yaitu tepatnya di daerah pelabuhan kota Colombo.

5. The Power Construction Corporation of China Ltd. (PCCC)

Perusahaan ini menjadi wujud salah satu perusahaan China yang berhasil di mata dunia. Menurut informasi terkininya, perusahaan ini telah berhasil membukukan pendapatan hingga senilai 38.72 miliar dollar AS. Perusahaan ini berdiri belum terlalu lama yaitu pada 2009 dan saat ini memiliki karyawan berjumlah 134.680 orang. Kontraktor ini berkantor pusat di Beijing dengan dikepalai oleh seorang CEO bernama Yan Zhiyong. Proyek utama yang sering ditangani antara lain seperti bendungan pemeliharaan air, pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air, proyek jalan raya serta jembatan. The Power China Construction juga diinfokan belum lama ini berhasil memenangkan tender suatu proyek dan mengerjakan pembangkit listrik dengan tenaga batubara yang dinamakan Sahiwal dengan bekerja sama bersama Pakistan sebagai bentuk penting antara kerjasama ekonomi kedua negara tersebut.

6. Vinci SA

Menjadi salah satu perusahaan konstruksi dan teknik yang bukan berasal dari China dan berhasil masuk ke daftar 10 besar. Berasal dari negara Eropa yang berbasis di kota Prancis, perusahaan ini telah mencatatkan rekor pendapatannya yang telah mencapai 47,04 miliar dollar AS. Vinci SA dapat disebut sebagai perusahaan kontraktor yang berhasil memberi reputasi global berjumlah besar. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1955 dan telah mempekerjakan karyawan yang hingga kini berjumlah 183.000 orang. Perusahan konstruksi Vinci secara spesifik menangani hal-hal seputar desain, konstruksi, pembiayaan dan manajemen fasilitas lainnya. Berbagai pembangunan dalam bidang yang lebih spesifik pun turut serta dikerjakan, seperti jaringan air, pembangunan publik dan swasta, perkembangan tata letak perkotaan dan sistem komunikasi. Proyek konstruksi terbarunya yang dikerjakan adalah dalam membuat rumah sakit anak di Universitas Warsawa dan Jembatan Atlantik yang berlokasi di Panama. Perusahaan besar ini dipimpin oleh seorang Presiden Direktur yang bernama Jérôme Stubler, dimana jabatan ini telah dipegangnya sejak tahun 2015.

7. Actividades de Construcción y Servicios SA

Dapat dilihat dari namanya, kontraktor ini juga menjadi perusahaan pembangunan yang tidak berasal dari China. Dengan berbasis di Madrid salah satu kota dari Spanyol untuk bekerja, perusahaan ini telah memiliki pendapatan 39.21 miliar dollar AS. Perusahaan ini sendiri didirikan pada tahun 1942. Mereka saat ini mempekerjakan 179.230 staf yang dipimpin oleh Florentino Pérez Rodríguez. Jenis bisnis yang digeluti perusahaan ini diantaranya seputar penambangan, pekerjaan sipil, dan pekerjaan bangunan dalam bentuk tempat tinggal serta untuk kegiatan sosial. Beberapa proyek penting yang dibangun di Spanyol diantaranya seperti pembangunan marina di pelabuhan utara Barcelona, serta membuat jalur kereta api berkecepatan tinggi di negara Basque, salah satu daerah yang dihuni masyarakat di Spanyol. Di luar wilayah Spanyol itu sendiri, perusahaan ini juga membangun jalan seperti M11 di Irlandia dan memperpanjang jalan CityLink Tulla di yang berada di Melbourne, Australia.

8. The Metallurgical Corporation of China Ltd.

Menjadi salah satu perusahaan China yang berhasil, perusahaan konstruksi ini telah membukukan pendapatan sebesar 34.3 dollar AS. Perusahaan ini berbasis di Beijing dan mempekerjakan 100.290 orang dalam aktivitasnya. Sejak berdiri pada tahun 2008, Metallurgical Corp telah mengembangkan bisnis di bidang yang cukup luas di berbagai bidang seperti konstruksi, properti, pengembangan sumber daya, serta manufaktur peralatan. Pemimpinnya saat ini bernama Guo Wenqing.

9. Bouygues

Kontraktor Perancis ini memulai aktivitasnya dalam waktu yang bersamaan seperti perusahaan Vinci, yaitu sejak tahun 1952. Perusahaan ini telah memiliki 118.000 jumlah karyawan dibawah pimpinan sosok bernama Philippe Bonnave. Pada tahun 2019 lalu pendapatannya dapat mencapai 32.26 miliar dollar AS. Dan meskipun menjadi perusahaan yang berasal dari Prancis, perusahaan ini tak hanya beroperasi di Prancis saja. Melainkan juga hingga ke 90 negara lainnya yang terdaftar sebagai lima anak perusahaan Bouygues seperti Bouygues Construction, Bouygues Immobilier SA, Colas, TF1, dan Bouygues Telecom. Proyek-proyek yang belum lama ini dikerjakan adalah dalam bidang pengadilan distrik di Paris, perpanjangan jalur ke pelabuhan Calais hingga menangani proyek di luar Prancis yaitu di jembatan kawasan Asia yang menyebrangi Hong Kong-Zhuhai-Macao.

10. Shanghai Construction Group Corporation Ltd.

Satu lagi jenis kontraktor dalam 10 besar peringkat terbesar dunia ini berhasil mencapai pendapatan sebesar 21.26 miliar dollar AS. Diawali pada tahun 1998 dan mempekerjakan sejumlah 33.160 orang. Spesifikasi bisnis yang dikerjakan adalah dalam bidang perumahan, konstruksi, desain, dekorasi, tambang batu, lanskap (tata ruang di luar gedung), manajemen proyek, konsultasi, serta pengiriman tenaga kerja. Perusahaan ini sekarang dipimpin oleh Hang Yingwei. Riwayat proyek besar yang pernah ditangani di antara lain seperti terowongan limbah di Edmonton Kanada, dan juga 12.000 unit perumahan untuk tempat tinggal bagi Kementerian Pertahanan di wilayah Tanzania Afrika Timur.

This entry was posted in Default and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.